Pelatihan dan Pendampingan Pemanfaatan Marketplace Sebagai Upaya Meningkatkan Pendapatan dan Daya Saing Usaha Mikro Kecil dan Menengah (Umkm) di Kota Bengkulu

Authors

  • Novita Sari Universitas Bengkulu
  • Fachruzzaman Fachruzzaman Universitas Bengkulu
  • Reza Imam Universitas Bengkulu

Abstract

Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) merupakan usaha yang produktif dimiliki perorangan maupun badan usaha yang telah memenuhi kriteria sebagai usaha mikro. UMKM sempat mengalami penurunan penjualan di tahun 2020 pada kondisi pandemi Covid 19, kondisi pandemi membuat UMKM banyak yang tidak mampu bertahan karena tidak mampu untuk memaksimalkan penjualannya. Kondisi ini berdampak pada penurunan penjualan UMKM serta laba UMKM itu sendiri. Menghadapi semakin ketatnya persaingan, UMKM tentunya harus berusaha untuk selalu mempertahankan dan meningkatkan kemampuan bersaing sehingga bisa tetap eksis di dalam pasar. UMKM dituntut untuk terus melakukan inovasi dan melakukan manajemen yang baik akan usahanya, sehingga diharapkan dapat meningkatkan persaingan.Menyikapi masalah tersebut, saat ini UMKM telah memanfaatkan strategi digital untuk menjalankan, mengembangkan serta mempertahankan usaha. Strategi digital yang digunakan pelaku UMKM diantaranya pemasaran melalui media digital. Berdasarkan kondisi tersebut, maka tim pengabdian kepada masyarakat magister Akuntansi Universitas Bengkulu, berencana menyelenggarakan kegiatan sosialisasi pemanfaatan marketplace sebagai media pemasaran produk-produk UMKM dan menjadikan hal tersebut sebagai upaya dalam meningkatkan pendapatan dan daya saing usaha kecil dan menengah (umkm)

Downloads

Submitted

2023-11-14

Accepted

2023-11-28

Published

2023-11-29